APAKAH HOMESCHOOLING DAPAT DISELENGGARAKAN SENDIRI OLEH SETIAP INDIVIDU?


Jawabannya adalah YA. Pendidikan homeschooling sesuai dengan namanya adalah melakukan kegiatan pembelajaran sendiri di rumah yang dapat diselenggarakan oleh individu (dalam hal ini orang tua/keluarga) maupun kelompok belajar. Orang tua berhak untuk menentukan sendiri format dari pelajaran yang akan diberikan kepada anaknya, sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemampuan putra putrinya. Semuanya tidak selalu harus berpatokan dengan kurikulum sekolah formal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam hal ini, perhatian yang lebih besar dan kemampuan penguasaan materi dari orang tua menjadi hal dasar yang utama, dalam menjelaskan berbagai hal mata pelajaran. Salah satu dari orang tua harus selalu berada di rumah untuk memberikan penjelasan sehingga mengurangi porsi waktu untuk kegiatan lain di rumah atau di luar rumah. Bagi orang tua yang memiliki kesibukan luar biasa tentunya akan kesulitan bila harus membagi waktu bekerja dengan mendidik sendiri putra putri mereka di rumah masing-masing. Maka sebagian besar dari mereka memilih untuk mendaftarkan putra-putri mereka ke homeschooling yang ada. Hal ini lebih memudahkan dalam kegiatan pelajaran karena tidak perlu repot untuk mengatur jadwal belajar dan akan ditangani oleh tenaga yang profesional di bidangnya. Bahkan untuk memperoleh ijasah yang dikeluarkan oleh pemerintah, mereka akan dipersiapkan lebih awal untuk persiapan menghadapi ujiannya.

Namun peran orangtua, untuk tetap melakukan pemantauan terhadap perkembangan anak dalam homeschooling, masih diperlukan. Apakah putra putri mereka mengalami perkembangan atau tidak didalam penguasaan materi.  Apabila dirasa tidak cukup atau tidak sesuai dengan keinginan dari target yang harus diraih, disarankan untuk memindahkan putra putrinya ke homeschooling lain yang lebih baik. Jadi menurut penulis, homeschooling yang memasang tarif mahal belum tentu memberikan pelayanan yang lebih baik. Semua itu sangat ditentukan oleh sistem management, suasana belajar ,dan profesionalitas dari guru pengajarnya. Banyak keluhan dari orang tua murid yang telah memasukkan anaknya ke sebuah homeschooling namun anaknya tidak mampu untuk melewati test yang diberikan saat ujian negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: